Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Monday, December 2, 2013












 

 

 

 

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9WQutdmr1mMK_aatKNSRC9C4wyjv6R6A1IwUPNJtforBTQh6FOOtS8s8mSi0JB5wK5wO6V6TMxjlXmSL_Sq_IxIlNAolauz6b_6f5PZ_NHkblU3gtWAH4_lRI9d6d1RzY3ey8JTVExqk/s400/merakit-pc.jpg

MEMASANG KOMPONEN KOMPUTER (PC)

 

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.


·        Keamanan  keselamatan Kerja (K3)

Sebelum merakit sebuah PC ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah:
1. Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan menetes keperalatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui, lalu saat kita menyalakan power supply maka terjadilah hubungan pendek dan merusak hasil rakitan kita.

2. Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki prossesor yang ada termasuk chipset. Karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus meng-ground-kan tubuh kita dengan cara memeggang cassing saat power dihidupkan.

3. Pada setiap tahap perakitan sebalum menambahkan komponen yang baru, power supply harus dimatikan. Memasang komponen pada saat power supply hidup akan merusak komponen yang akan di pasang dan komponen lainnya.

4. Jangan lupa menyiapkan peralatan dan bahan-bahan sebelum memulai perakitan, agar seluruh kegiatan perakitan tidak terhambat pada kemungkinan kurangnya peralatan yang ada.

5. Hindari pemasangan komponen harddisk dengan kasar, karena dapat merusak harddisk tersebut.

·        Alat dan Bahan

Alat :1. Obeng Plus (+)2. Obeng Minus (-)3. Tang Lancip (Capit Buaya)4. Multimeter/Multitester5. Pinset6. Gelang Anti Static

Bahan :

1. MotherboardMotherboard adalah papan induk atau papan rangkaian utama pada komputer, yang berisi rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pusat pengolahan.Cara Memasang Motherboard:- Siapkan sekrup-sekrup yang digunakan dan obeng, kemudian pasang motherboard dengan benar pada dudukan yang tersedia.- Kuatkan (putar searah dengan jarum jam) semua sekrup yang digunakan untuk motharboard tersebut dengan baik dan benar.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQPneYu0kx_ALoo5cEVKxewCShDeE3diwXjjkvbCaA8MXdUES1bihqnAvW8JV_toNUC92bQZR0E13WcSVvmTX5sKnvgBOUC_GMO4FXsFZPTGPOMOB36t3rbYknDSKz0dXOa2k6Cl2ZUUlY/s400/motherboard.jpg


2. ProcessorProcessor adalah komponen komputer yang paling utama karena sangat menentukan baik buruknya kinerja komputer (otaknya komputer). Berfungsi sebagai pengolah data didalam sistem komputer.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5cDhmLjlqsi9yFzYh8SotRPpJHvTpFWsNBsYWHx_zgMQAQq0L_7ZfjkUP7GFfaE92SQ-qW2W973YzjGoFBy2W9y3Y77FU5fIQvRdja-ryzkPGiz6gqOcug0leKtGhl_ynlqD7CZtO2b67/s320/processor.jpg


3. Heatsink (Kipas)Heatsink adalah kipas pendingin processor dan komponen yang lain, karena suhu di processor sangat panas sekali.

4. HarddiskHarddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi  piringan magnetis. Berfungsi sebagai penyimpan data untuk dapat meningkatkan kinerja komputer.

5. Memory (RAM)RAM (Random Acces Memory) adalah Internal Memory, yang berfungsi untuk menyimpan data.

6. Floppy Disk Drive (FDD)FDD adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data dari PC kedalam sebuah Disket.

7. CD/DVD DriveCD/DVD ROM adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan data, perpindahan data, pembacaan data atau “ penulisan” data dari PC kedalam sebuah CD/Kaset

8. Kartu Grafis (VGA Card)VGA Card (Video Graphics Adapter) adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.

9. Sound CardSound Card adalah sebuah perangkat yang berbentuk lempengan PCB dan mampu mengolah serta menghasilkan suara. Bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.

10. Power SupplyPower Supply adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan.
11. Cassing
12. Keyboard & Mouse
13. Monitor


·        Langkah-langkah Perakitan

Berikut ini adalah langkah-langkah perakitan CPU.
1. Letakkan motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus jalur komponennya.

2. Pasang processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan diluar cassing agar memudahkan anda dalam pemasangan processor tersebut. Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard yang digunakan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxNdCSCBfME3by3LUUK1WVUtp95hjooj-lyrYb4I_7qBWu2yIRL98dfX4FSt4Jnv5jFZOvoRp5hNZhFUDjyAFHqfCROg9bhMbLBqWzEOVa2BHBTZcMaxdE01WLyAeK7Km4ViuiEq9RKBE/s1600/mearkit-2.jpg

3. Setelah prosessor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processor

4. Pasang RAM pada slot RAM yang tersedia pada motherboard.Pemasangan RAM pada slot harus mengikuti aturan karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan dapat membuat RAM dan motherboard rusak atau terbakar.

5. Siapkan cassing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan.

6. Setelah menyiapkan casing pasanglah catu daya atau power supply seperti gambar dibawah ini!

7. Setelah itu masukkan motherboard pada cassing secara perlahan agar motherboard tidak         rusak.Pada saat pemasangan motherboard, perhatikan konektor mouse, keyboard, serial, vga dan sound agar terpasang dengan panel yang terdapat pada cassing dengan benar.

8. Kemudian bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.

9. Dicontoh ini kita mengunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA, Sound Card, dan LAN Card yang sudah menjadi satu dalam motherboard. Komponen yang sudah menjadi satu dengan motherboard disebut dengan komponen ON BOARD.

10. Setelah itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.

11. Kemudian bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dangan raknya agar tidak goncang. Kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard.

12. Pasanglah harddisk pada  rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak terbentur. Karena komponen harddisk ini sangat rawan tehadap goncangan.kemudian baut dengan kencang agar tidak goyang.

13. Setelah harddisk terpasang kemudian pasanglah kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherboarddan pada harddisk itu sendiri.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1XtmVL1Sy8OYdW2oDYhKbChQsY88fslZzazc4HM_nP5Th7ftbLsrQaL28aH_QOvvreFd9B_itTPFEY8x5rcqdGCpX4ZQxW9hEay4qsFvu7dH0Fq1fnjSqCRKO2S6P8Z0du1_9NI_WIPs/s1600/mearkit-7.png

14. Pasang konektor power supply pada tempatnya pada konektor yang terdapat di motherboard.(perhatian: jika pemasangan ini salah maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard.)

15. Kemudian tancapkan konektor power / restart / hdd lad / power lad dan lain-lain pad konektor yang terdapat di motherboard. seperti gambar berikut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjm5CJJF3C8w0osAjgtIJxCHsR-NuDQChvlYYYe16EQcOJsrsgQldnfTOB4ZeHxIhdr2leHDLJiFJfYWjBP8vNkjfybQlnKul6NdirYvSNzwswCj4iVLfNrieGVvLoBJSqCz30AXowNYK8/s1600/mearkit-9.png

16. Setelah kita selesai merakit semua komponen maka perakitan tersebut harus kita uji apakah perakitan ini berhasil atau tidak. Dengan cara hidupkan komputer bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil. Bika tidak dapat BOOTING, berarti perakitan belum sempurna, Maka harus disempurnakan bila ingin menginstal Sistem Operasi.Cara meyempurnakannya dengan cara cek kembali semua komponen yang telah dipasang. Sekian Cara Merakit PC Beserta Gambarnya .

16. Setelah kita selesai merakit semua komponen maka perakitan tersebut harus kita uji apakah perakitan ini berhasil atau tidak. Dengan cara hidupkan komputer bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil. Bika tidak dapat BOOTING, berarti perakitan belum sempurna, Maka harus disempurnakan bila ingin menginstal Sistem Operasi.Cara meyempurnakannya dengan cara cek kembali semua komponen yang telah dipasang























 
1.1 Perangkat Keras Komputer
Perangkat keras komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC). 
Perangkat keras yang berada di dalam casing umumnya terdiri dari:

Motherboard (papan utama)
Motherboard
Motherboard/mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. Fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen PC. Perangkat keras komputer lain semuanya melekat langsung pada slot motherboard atau setidaknya terhubung menggunakan kabel.

Central Processing Unit (CPU) 
CPU
Biasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah data-data grafis.

Random Access Memory (RAM)
Random Access Memory (RAM)
RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes)
Video Graphic Array (VGA)
VGA Card
VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.

Hard Disk Drive(HDD)
Hard Disk
Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Optical Disc Drive
Optical Drive
Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.

Power Supply Unit (PSU)
Power Supply Unit
Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing.

Selain dari perangkat keras komputer yang terdapat di dalam casing, ada juga komponen-komponen yang umum kita lihat diluar casing:

Monitor
Monitor
Disebut juga screen atau display. Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.

Keyboard dan Mouse
Keyboard dan Mouse
Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.

Diluar komponen-komponen yang sudah kita sebut diatas, ada pula perangkat keras komputer yang tidak semua komputer memilikinya:
Uninterruptable Power Supply (UPS)
UPS
Sering disebut juga sebagai baterai cadangan, fungsi utama UPS adalah menyimpan dan menyediakan cadangan listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama padam. Selain sebagai cadangan listrik, kebanyakan UPS juga berfungsi sebagai “stabilizer” yang mengatur aliran listrik agar sesuai dengan yang dibutuhkan.


Printer dan Scanner
Printer
Printer berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks maupun grafis. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Sedangkan fungsi scanner adalah kebalikan dari printer yaitu memindai input data dari luar komputer ke dalam bentuk elektronik yang dapat diolah secara digital.
Speaker
Fungsi dari speaker adalah sebagai alat output suara yang dihasilkan dari komputer. Selain speaker, sering juga kita temukan orang yang menggunakan headphone/headset sebagai alat output suara.
Sound Card (Kartu suara)
Fungsinya sebagai penghubung antara komputer dan alat output audio seperti speaker
Modem
Alat ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet
LAN Card
Fungsinya sebagai penghubung komputer dalam suatu jaringan.


1.2 Langkah - Langkah Instalasi
  
   Install ulang merupakan suatu perlakuan khusus yang kita lakukan kepada komputer kita dalam rangka membersihkan malware dan virus yang ada pada local disk yang biasanya diletakan file – file windows. Ada banyak penyebab sebenarnya ketika kita diharuskan untuk menginstal ulang komputer kita, di anataranya ketidakcocokan driver yang kita gunakan untuk komputer kita, upgrade windows, refurbished (kembali ke pengaturan pabrik), atau kerap kali kita lakukan ketika kita ingin menjual atau melelang komputer kita kepada orang yang menginginkannya. Siapkan terlebih dahulu apa – apa saja yang dibutuhkan pada saat hendak menginstal ulang. Saya disini menggunakan Windows XP sebagai contoh. Windows yang lain pun caranya tidak berbeda. 
·         Kaset windows anda yang saat ini, apabila tidak ingin upgrade.
·         Kaset windows anda yang terbaru apabila anda ingin mengupgrade windows anda menuju windows yang baru
·         Driver komputer anda
·         Kaset Microsoft office
·         Selebihnya merupakan software yang anda sukai
·         Serial number apabila case CD windows XP anda hilang
Caranya.
·         Masukkan kaset windows anda ke dalam DVD-Drive
·         Lalu, restart komputer anda.
·         Siap – siaplah dan perhatikan BIOS yang akan tampil. Lalu klik Del yang ada di keyboard. Tidak selalu tombol Del, tergantung manufaktur. Tetapi, yang biasa digunakan yaitu ESC, F8, Del, F10, dan F2. Biasanya, orang akan gagal ketika mencapai step ini. Karena tampilan awal BIOS sangat terbatas waktunya hanya sekitar 2 detik.
·         Lalu, anda akan masuk ke tampilan BIOS.
·         Kemudian pilih Boot, di sini anda diharuskan mengganti Boot Device Prioritynya.
·         Pilih boot device priority.
·         Ubahlah first boot device menjadi CDROM, maka begitu anda keluar dari tampilan BIOS secara langsung boot akan ke arah kepada CDROM.
·         Jika sudah, pencet tombol F10. Pilih save and exit.
·         Ketika layar berubah menjadi hitam, maka akan tampil tulisan “press any key” selama 5 detik.
·         Pencet tombol apa saja yang ada di keyboard.
·         Lalu akan tampil banyak tulisan yang berisi tentang peraturan persetujuan. Skip saja dengan menekan tombol F8.
·         Pilih Local Disk C dengan menekan enter.
·         Lalu pilih NTFS yang ada pada pilihan pertama.
·         Jika sukses, maka anda akan tampil animasi hot booting yang khas dari windows XP.
·         Langkah selanjutnya, anda akan mengisikan nama dan organisasi. Cukup isikan nama saja. Klik next.
·         Masukkan serial number yang ada di belakang case ataupun dari internet. Klik next.
·         Jika sudah, anda harus mengisi nama dan password, tetapi apabila komputer anda berisi file yang tidak begitu penting, sebaiknya password tidak usah diisi. Klik next.
·         Atur tanggal berikut jam maupun zona waktunya. Klik next.
·         Lewati apabila anda tidak ingin mengisi jaringan domain. Jika ingin mengisi, isilah settingan domain dengan yang anda punya. Klik next.
·         Selebihnya anda tinggal mengklik next, ataupun ok, ataupun finish.
·         Selamat. Komputer anda telah berhasil diinstal ulang.
·         Jika sudah, install driver yang ada agar terkondisikan seperti sedia kala.
·         Matikan fitur auto update apabila anda tidak selalu terhubung ke internet, karena hanya akan memperlambat perfoma.
1.3 Menentukan Spesifikasi Komponen Komputer Personal
I.SPESIFIKASI PERSONAL KOMPUTER STANDAR
   -1 Motherboard ASUS P5GC-MX supports core 2 duo CPU rp 540.000
  -1 processor dual core pentium E2160 1.8GHz rp 748.000
  -1 DDR2 1 GB 667 PC-5300 Rp 225.000
  -1 maxtor hardisk 160 gb 7200 RPM SATA II, 2MB cache Rp 525.000
  -1 samsung combo CD rewriter Rp 45.000
  -1 locent internal modem Rp 45.000
  -1 set keyboard standar dan mouse optik Rp 30.000
  -1 monitor LG 17" semiflat Rp 780.000
  -1 kartu grafis sparkle geforce 7600 GT 256
    (optional)Rp1.200.000
  -1 power supply SIMBADDA 380W Rp 200.850

TOTAL BIAYA Rp 3.464.850
II.Spesifikasi Personal Computer High End

- Motherboard EVGA Classified SR2. Rp 5.988.000
- Processor INTEL XEON DP X5690. Rp 16.800.000
- Memory RAM Corsair Dominator GT DDR3 4GB. Rp 2.641.000
- Hard disk Seagate Barracuda XT 3.5 inch 3TB. Rp 2.072.000
- VGA Cards RADEON HD 6990 4GB. Rp 5.900.000
- Power Supply ENERMAX MaxRevo.1500W Rp 3.294.000
- Optical Drive Lite-On DVD RW Blu ray Writer. Rp 1.483.000
- Sound Card Onkyo Wavio SE300 PCI-E. Rp 4.000.000
- Casing SILVERSTONE Crown (SST-CW03B-MT). Rp 7.184.000
- Monitor ASUS VE278Q LED 20".Rp 5.174.000
- Keyboard+Mouse Razer Tron. Rp 2.913.000
- Speaker GigaWorks S750. Rp 4.300.000

     Jumlah harga PC High End. Rp 61.749.000
III.SPESIFIKASI PERSONAL KOMPUTER GAMERS
-1 intel C2Q Q6600 (Quad core 2.4G). Rp 2.200.000
-1 MB Abit IX38 QuadGT Rp 1.900.000
-1 VGA Gecube radeon HD3870 512MB 256bit DDR4 Rp 2.000.000
-1 WDC sata 11 2x320G (DIBUAT RAID 0) Rp 1.300.000
-1 Corsair twinx DDR2-800 2X2GB (4GB,dual chanel) 1.200.000
-1 DVD-RW ASUS 20X sata ligtscribe Rp 350.000
-1 Power supply acbel 607W Pure lifetime wamty Rp 1.000.000
-1 Casing tergantung mau anda asal airflow nya bagus Rp 1.000.000

TOTAL HARGA Rp 10.950.000
 IV.SPESIFIKASI PERSONAL KOMPUTER GRAPICH DSAINER

 -Motherboard: Asrock 990FX Pprofessional Fatality. Rp.2.271.000
-Processor : AMD Opteron 6168 Rp.7.839.000(spesifikasi:1.9GHz,12 Core,L3 Cache 12 MB,Socket G34)
-VGA Card: LEADTEX Quadro 600 NVidia Quadro 6000 IDR Rp.38.470.000     
-RAM:Team Xtreem DDR2 1066 2 GB kit Rp.1.050.000
-Harddisk: Western Caviar Blue 500 GB Rp.441.000
-Case:Coolermaster Centurion 5 CAC-TO5 Silver Rp.450.000 
-Power supply: Cooler MAster silent pro 500W Rp.810.000
-Keyboard:Razzer Tarantula Rp.905.000
-Mouse:Razzer Abyssus Rp.425.000
-Sound card:AIM Hi-live plus 4 sc-3400 Rp.139.000
AMD Opteron 6168 Rp.7.839.000(spesifikasi:1.9GHz,12 Core,L3 Cache 12 MB,Socket G34)

Perkiraan PC Graphic Designer yakni Rp.52.000.000



   V.Spesifikasi Personal Computer Sound Editor
- Motherboard EVGA classified SR2. Rp 5.988.000
- VGA Card Asus EN210 SILENT 512MB. Rp 333.000
- Processor Intel i7 2600K. Rp 2.678.000
- Harddisk SEAGATE Baraccuda 1TB. Rp 667.000  
- RAM Corsair Twin2x4096-6400C4DHX. Rp 1.160.000 
- Sound Card The Ultimate Sound Card Onkyo SE-300PCIE. Rp 4.000.000 
- DVD-RW LG 20x. Rp 300.000
- Speaker Bose Life Style 18 Series III. Rp 25.147.000
- Power supply Seasonic X750 750W Full Modular – 80 Plus Gold. Rp 1.579.000
- Cassing Cooler Master Centurion. Rp 450.000
- Keyboard + Mouse Logitech Black. Rp 500.000
- Monitor LG 17″ L177WSB. Rp 1.780.000

    Jumlah harga pc Sound Editor. Rp 44.582.000

 VI.Kesimpulan Dari Spesifikasi Masing-Masing Personal Computer 
·         PC Standard 
PC ini tidak memiliki suatu kelebihan yang mencolok dan biasanya PC ini banyak digunakan untuk hiburan atau sarana pendidikan.
·         PC High End
PC ini menggunakan spesifikasi yang sangat sangat luar biasa karena setiap komponen ini memiliki kemampuan yang sangat tinggi dan harganya pun sangat mahal.
·         PC Gamers 
PC ini memiliki komponen yang khusus diperlukan untuk para gamers adalah VGA Card dan mengandalkan kecepatan RAM serta Processor yang sangat mendukung untuk bermain game dan kualitas tinggi.
·          PC Grapic Disainer 
PC ini diperuntukan untuk pekerjaan dalam bidang mendisain. PC memperbesar kemampuan Grafis melalui VGA dan kemampuan monitor dalam menampilkan grafis yang halus dan juga membutuhkan dukungan prosesor yang mempunyai kemampuan untuk grafis
·         PC Sound Editor
 Jadi rakitan PC-Saund Editing biasanya untuk mengedit suara atau rekaman agar suaranya mnjadi bagus dan jernih dan juga enak di dengar yang dinamakan dengan Sound Card.Sound card adalah komponen yang paling penting pada pc jenis ini.
1.4 Membuat Peta Tata Letak Komponen

http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-2-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-3-638.jpg?1384438177
 Komponen Motherboard:
http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-5-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-6-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-7-638.jpg?1384438177
 http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-8-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-9-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-10-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-11-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-12-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-13-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-14-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-15-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-16-638.jpg?1384438177



http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-17-638.jpg?1384438177

Komponen Port I/O:
http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-20-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-21-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-22-638.jpg?1384438177
  http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-23-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-24-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-25-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-26-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-27-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-28-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-29-638.jpg?1384438177http://image.slidesharecdn.com/tataletakkomponenmotherboarddanportio-131114080905-phpapp01/95/slide-30-638.jpg?1384438177


















Pengertian BIOS dan Mengkonfigurasi BIOS

 

 

 

Bios merupakan singkatan dari Basic Input Output System. Bios merupakan sebuah program atau software antarmuka tingkat rendah yang berfungsi mengendalikan atau mengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer.Bios juga bisa di artikan sebagai  suatu  perangkat instruksi elektronik yang digunakan komputer untuk memulai sistem operasi. BIOS terletak di dalam chip komputer dan dirancang dengan cara yang melindungi dari kegagalan disk.

Bios disimpan atau ditanamkan di ROM ( read only memory ).

Setiap Motherboard memiliki yang namanya Bios, dan bila bios ini rusak maka kemungkinan besar motherboard tidak dapat digunakan kembali ( kecuali bios di install ulang atau di upgrade ). Karena Bios ditanamkan di ROM, maka kemungkinan kita hanya bisa merubah pengaturan yang telah ada, misalkan kita merubah besarnya memory yang digunakan untuk VGA yang berjenis onboard, atau mengubah waktu dan tanggal, serta mengubah settingan dasar lainnya. Namun yang paling sering dirubah dan perlu diketahui yaitu merubah urutan booting, dan mengecek ada tidaknya suatu komponen komputer yang kita pasang. Misalkan kita memasang harddisk di komputer kita, namun setelah kita cek dibios tidak ada harddisk maka kemungkinan harddisk tidak terpasang dengan benar, jadi bios ini sangat penting peranannya bagi jalannya sistem komputer.

Ada berbagai macam merek Bios, tergantung motherboard yang kita pakai . Yang terkenal yaitu, AMI BIOS, Phoenix BIOS, dll.

Jika anda akan merubah settingan bios, anda dapat melakukannya pada saat proses booting (menyalakan komputer), setiap Bios memiliki cara masing masing untuk masuk ke dalam Menu biosnya, yang paling umum adalah menekan tombol del atau alt+f4. Lihat saja petunjuk yang keluar dilayar monitor pertama kali komputer dinyalakan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut “IBMBIO.COM” (IBM PC-DOS) atau “IO.SYS” (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.




http://www.teknologiku.info/wp-content/uploads/2012/04/Cara-Setting-Bios.jpg 

 FUNGSI BIOS


1.    Mengenali semua hardware / perangkat keras yang terpasang pada PC / Komputer.

2.    Inisialisai ( Penyalaan ), serta pengujian terhadap semua perangkat yang terpasang ( Dalam proses yang dikenal dengan istilah Power On Self Test)

3.    Mengeksekusi MBR ( Master Boot record ) Yang berada pada sector pertama pada harddisk, yang fungsinya ialah untuk memanggil Sistem Operasi dan Menjalankannya.

4.    Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting/urutan booting, kinerja, serta kestabilan komputer)

5.    Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

CARA PENGATURAN BIOS SEBELUM MELAKUKAN INSTALASI SISTEM OPERASI

Sebelum anda instal windows terlebih dulu mengatur BIOS (Basic Input Output System) adapun cara pengaturan BIOS telah saya buat sedemikian rupa dibawah ini disertai gambar supaya anda dapat memahaminya dan untuk segala kekurangannya sebelumnya saya memohon maaf apabila tidak sesuai yang anda harapkan. Silahkan ikuti langkah-langkah setting BIOS berikut ini:

1.Tekan tombol power pada PC dan monitor untuk                     menghidupkan komputer Anda. PC akan segera melakukan proses booting.  

2.Untuk Masuk ke BIOS segera menekan tombol [Delete] pada keyboard untuk masuk ke menu BIOS/CMOS Setup Pada PC anda, atau sesuaikan dengan merk Komputer/Laptop berikut ini:

Misalnya anda menggunakan TOSHIBA maka tekan f2 atau ikuti perintah yang ada di bawah layar. 

 http://mastergomaster.com/wp-content/uploads/2011/07/Image2-300x187.gif

3.Anda akan masuk BIOS. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah men-setting waktu yang akan digunakan oleh sistem komputer. Aturlah melalui menu [Main],[System Time]. Untuk mengubahnya, gunakan tombol [+], [-] dan tombol [Tab] pada keyboard Anda

 http://mastergomaster.com/wp-content/uploads/2011/07/Image3-300x186.gif 

4.Selanjutnya, dengan cara yang sama, ubahlah tanggal pada sistem  komputer Anda melalui menu [System Date].

5.Setelah men-setting waktu dan tanggal dari sistem, jika mau, Anda juga dapat memasang

password BIOS agar orang lain tidak dapat mengubah setelan BIOS yang Anda buat. Caranya, pilih menu [Supervisor Password], lalu tekan tombol [+] pada keyboard. Selanjutnya, masukkan password Anda pada boks Enter Password, lalu klik [Enter]. Masukkan kembali password Anda pada boks Confirm Password, kemudian kembali klik [Enter]. Sekarang status opsi SupervisorPass word sudah menjadi Enabled.

6.Bila PC Anda akan dipakai beramai-ramai, Anda juga bisa men-setting user password untuk masing-masing pengguna. Manfaatkan saja menu [User Password]. Cara pengaturannya sama saja dengan pengaturan pada supervisor password.

7.Sekarang bukalah menu [Advanced] dengan menekan tombol [‡] (arah panah ke kanan) pada keyboard Anda, lalu pilih [I/O Device Configuration] kemudian [Enter]

8.Di sini Anda dapat mengatur penggunaan fitur onboard pada motherboard Anda. Misalnya, bila Anda menggunakan kartu suara dan modem yang bukan on-board, ubahlah opsi [On-board AC97 Audio Controller] dan [On-board AC97 Modem Controller] menjadi [Disabled] dengan menekan tombol [+] pada keyboard Anda. Selanjutnya klik [Esc] untuk kembali ke menu [Advanced]

9.Sekarang pilih opsi [PCI Configuration] lalu tekan [Enter]. Kemudian agar slot USB Anda berfungsi set opsi [USB Function] menjadi [Enabled]. Jika belum, Anda bisa mengubahnya dengan menekan tombol [+]. Jika sudah, kembali ke menu [Advanced] dengan menekan tombol [Esc]

10.Selanjutnya buka menu [Boot].


http://mastergomaster.com/wp-content/uploads/2011/07/Image5-300x188.gif


untuk memudahkan penginstalan sistem operasi yang akan dilakukan setelah ini, ubah pengaturan boot dari PC. Kemudian set CDROM sebagai boot device pertama, atau jika anda ingin melakukan penginstalan dari Flash Disk ganti CDROM dengan nama flash disk.


Kemudian Hard Disk sebagai Boot Device ke-2 dan Floopy Boot Device ke-3 (Disable jika anda tidak memilihnya), dengan menggunakan tombol [+] atau [-]. Gunanya, agar setiap kali booting, komputer mencari adanya sistem operasi di CD-ROM

dulu, baru kemudian hard disk, dan floopy.

http://mastergomaster.com/wp-content/uploads/2011/07/Image7-300x187.gif

11.Masukkan CD instalasi Windows XP ke CD-ROM drive. Setelah itu, pilih menu [Exit], [Exit Saving Changes] untuk keluar dari BIOS dan menyimpan pengaturan yang Anda buat tadi. Selanjutnya komputer akan restart. Dan jika Anda tadi mengaktifkan user password, maka akan muncul kotak password. Isi password tersebut agar komputer dapat melanjutkan proses booting.




















MENINGKATKAN KERJA KOMPUTER MENGGUNAKAN PROGRAM BANTU


Program Bantu (Utility Program)
Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, melakukan penganalisaan atau analizing, melakukan pencarian atau searching, melakukan pemeriksaan atau scanning, melakukan penggandaan file, melakukan perbaikan dari setiap sistem yang rusak dan masih mampu dilakukan dengan program ini, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
·         Norton Utility
·         Winzip
·         Norton Ghost
·         Antivirus
·         PC Tools 
·         Xtree
·         QuickDos
·         Advanced SystemCare Pro  
·         dll
Norton Utility
Norton Utilities adalah sebuah perangkat lunak utilitas suite yang dirancang untuk membantu menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan menjaga komputer.Versi saat ini 15 dari Norton Utilities Premier Edition untuk Windows XP/Vista/7 dirilis 27 Desember 2010.

Peter Norton menerbitkan versi pertama untuk DOS, The Norton Utilities, Release 1, pada tahun 1982. Release 2 keluar sekitar setahun kemudian, berikutnya ke hard drive pertama untuk garis IBM PC. Petrus perusahaan Norton dijual kepada Symantec pada tahun 1990. Namun namanya tetap sebagai "merek" untuk rentang Symantecutilitas dan perangkat lunak keamanan untuk pengguna rumahan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9q4bShpNsEF7EGbigmkUjDe_sGs-55YA30sUthY7kmbKgKPM31eOTDNhaEphSvGAKjjlTgO0Gj26zCB6LNU_zX7FMOsp27kJCPtmaeGAsXIBJZvXcwe8tv3pJhnCRV_XtE3wVcwPM1r4X/s320/Norton_Utilities_15.JPG

Norton Utilities untuk DOS / Windows
Rilis awal 1982 didukung 1.x DOS dan menampilkan utilitas unerase. File ini boleh terhapusdengan mengembalikan huruf pertama dari entri direktori (fitur dari sistem berkas FAT yang digunakan dalam MS-​​DOS, meskipun salah satu yang awalnya tidak didokumentasikan). Utilitasunerase adalah apa yang diluncurkan NU pada jalur menuju sukses. Mengutip Peter Norton,"Mengapa The Norton Utilities menjadi perangkat lunak populer seperti? Nah, kebijaksanaan industri itu telah menjadi standar perangkat lunak yang baik dengan menyediakan kemampuansuperior atau dengan memecahkan masalah yang sebelumnya dipecahkan. Pada tahun 1982,ketika saya duduk di PC saya untuk Unerase menulis, saya memecahkan masalah umum yang tidak ada solusi tersedia.

14 Program yang disertakan
- Unerase, memulihkan file yang terhapus 
- FileFix, perbaikan file rusak 
- DiskLook, menampilkan disk yang lengkap floppy dan peta 
- SecMod, mudah perubahan ke disket 
- FileHide, file kontrol interaktif yang tersembunyi 
- BatHide, file kontrol otomatis tersembunyi
- TimeMark, menampilkan tanggal, waktu, waktu berlalu
- ScrAtr, DOS set untuk bekerja dalam setiap warna 
- Sebaliknya, bekerja dalam hitam putih
- Yang jelas, membersihkan layar untuk kejelasan
- Filesort, floppy disk menyimpan file berdasarkan tanggal atau nama
- DiskOpt, kecepatan akses floppy disk
- Bunyi, menyebabkan PC speaker berbunyi
- Cetak, mencetak file 
Kemudian Norton Untility pun terus berkembang dari tahun 1995 sampai sekarang.
Norton Utilities (15,0)  
Menyertakan fitur dari Norton SystemWorks. Ini mencakup Norton Disk Kecepatan, Norton Disk Doctor, Norton unerase, Registry Restore, Registry Defragmenter, Registry Cleaner, Disk Cleaner, Disk Defragmenter, Startup Manager, Service Manager, Restore Center, System Optimizer, Proses Viewer, dan Uji Kinerja. Versi ini juga termasuk GUI baru. 


Norton Utilities untuk Macinthos
Norton Utilities untuk Macintosh adalah suite utilitas terpisah untuk Mac OS, menyediakan banyak fitur yang sama seperti versi Windows.
Awalnya dirilis pada tahun 1990, membutuhkan Plus Mac dengan 1MiB memori sistem. Alat disk yang disertakan mendukung sistem file HFS saja. Dukungan untuk Apple Disk Drive 20 itu tidak disebutkan secara eksplisit. Ketika Apple merilis Sistem 7, Norton Utilities untuk Macintosh perlu diperbarui untuk berjalan dengan aman. Hal initerbukti menjadi cerita berulang dalam sejarah utilitas; versi awal yang sangat dianggap untuk sementara, tapi terbukti bisa berbahaya bila digunakan dengan strukturdisk yang lebih baru dan sistem operasi sebelum diperbarui. Dan akhirnya pada tahun 2004, Symantec menegaskan telah berhenti mengembangkan Norton Utilities untuk Macintosh dan Norton SystemWorks untuk Macintosh, dan berkonsentrasi upaya hanya pada produk keamanan internet untuk Mac.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWhs-fNHnNGB9IHXV4TE-KE6N0Bz26wKNQ8SybsTLz85VpJWaPcAPA_KXoo7XToOfpn5ycI5VUSJnmAktgyRkXA11u5LXkX3kBMhTf61oYMleWsz7TKyTrXE7k5MNJNXnhEzaXhyphenhyphenbFGelO/s320/bios_fsb.jpg
Norton Utilities untuk Unix 
Pada tahun 1990, Peter Norton Komputasi mengembangkan sebuah versi Unix dari NortonUtilities, bekerja sama dengan Segue Software dan INTERAKTIF Systems Corp [52] Ini versiNorton Utilities yang tersedia sampai dengan tahun 1992, ketika Sistem Interaktif berhentipemasaran perangkat lunak. Dalam Februari 1994, AlmondSeed software Inc perangkat lunakberlisensi dan dirilis sebagai "Utilitas Almond untuk UNIX" software AlmondSeed merilis Utilitasuntuk UNIX SCO dan Sun Solaris.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmbI39p0FtAw98bIEjq2uQWgGMsV3HmufQSBO0jO7jzRwjwENqLIDsqr3H_xfo4VzHoGVwDz0_0vRwi579kQ4LnNjnFgtoITKMZCX2egHJFgrrygSH4ebbSzXzm4pDvWSw52nVAJfQgsaw/s1600/WinZip_icon.png
WinZip 
Adalah sebuah program shareware pengarsipan dan kompresi berkas yang dibuat oleh WinZip Computing (sebelumnya Nico Mak Computing) pada awal tahun 1990-an. Winzip juga menyediakan versi freeware yang mempunyai kemampuan terbatas.


XTree 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgH8BtRHynVWGMJLAuVsJj-jtXgu6LOPUd0mjvv_g5_6yZCUQzcxYzy3U_x3VdUPfSiA9q7ODZP7j7oc_FQ_gt25No9JiYdSQVRWGTAL-BwdBUTcYnsZo4yNSqKOAmYFflqfsJfpbUt1q_z/s320/275px-Xtreegold-3.0.png
Adalah manajer file perangkat lunak awalnya dirancang untuk penggunaan di bawah DOS. Diterbitkan oleh Sistem Eksekutif dan pertama kali dirilis pada tanggal 1 April 1985, dan menjadisangat populer. Program ini menggunakan antarmuka karakter mode yang telah banyak unsurbiasanya terkait dengan antarmuka pengguna grafis.

Sebagai DOS yang dikirim dengan manajer file perintah-baris, sampai DOS shell umumnyaberhasil yang telah disediakan dengan MS-​​DOS 4.0. Bahkan pada titik ini, kecepatan dan fitur dari XTreeGold lebih unggul (khusus dukungan untuk format kompresi ZIP dan kemampuan untuk membatalkan penghapusan file). Program ini juga memiliki manfaat memerlukan sedikit memori,penting pada suatu waktu bila kurang dari 640 kB memori yang tersedia untuk program-program untuk menjalankannya. 


Popularitas program ini telah menyebabkan banyak penggemar untuk mengembangkan versi klonyang bekerja dengan sistem operasi modern. Klon dikenal meliputi XFile, ZTreeWin, Unixtree dan Ytree. Para penulis dan pengguna biasanya melihat ini klon sebagai penghargaan untuk program XTree asli daripada pesaing (terutama karena XTree tidak lagi tersedia secara komersial.


Advanced SystemCare Pro 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXVAmFHFdku4syVH9oTRzgMcQJh3wZKy8GeNfg_3jXBudhxAlpd2htcCSTjfMGrpJGXcAFe3Hitnjg9XnUx96B4zNZ2ltOovvOMFun_JlF_9F_X2W7P5PhTQ8tbklw8rCNzNqokMDEfY0l/s320/Advanced-SystemCare-Pro.jpg
Salah satu utilities jajaran terbaik dari sekian banyak utilities yang ada saat ini. Banyak fitur dan tools yang terdapat pada Advanced Advanced SystemCare ProSystemCare Pro dengan fungsi yang berbeda-beda sehingga dengan mudah bagi user dalam dalam memilih apa yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan komputer. Selain itu Advanced SystemCare Pro 4 sudah menbasut technologi dan engine terbaru sehingga dalam mengoptimalkan sistem komputer benar-benar sangat terlihat hasilnya.
Dalam Advanced SystemCare Pro terdapat 4 pilihan menu utama diantaranya Quice Care, Deep Care, Turbo Boost dan ToolBox.

Fitur Advanced SystemCare Pro :
- Dirancang untuk lingkungan Windows terbaru sistem. Memberikan kecepatan PC Anda lebih baik dan kehandalan 
- Powerfull Defrag Hard Drive dan Optimasi
- Generasi Jauh Bersihkan Registry dan Optimasi
- Otomatis Bekerja di Background
- Membela Keamanan PC dengan Perlindungan Ekstra
- Cepat dan ekstensif Clean-up untuk Hard Drives
- Menjaga PC Anda berjalan pada kinerja puncak
- Perbaikan Kesalahan Sistem Multi. 




CARA MENINGKATKAN KINERJA PADA BIOS

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7QqKc7DuAiC4NBXdsEdz5A2gn6jw0-PCPpAVsoV5tJAIbI3kDeG4HkBWNRqBffTM95Ipp4Q96s-3iX3qIB4z03zCetqRO1XlIikkx8whOoInpYDV3OHFFh9KeZzxA6uRrCHgifhnZq2Bp/s320/optimalisasi-setting-BIOS.jpg
Kebanyakan BIOS dapat diaktifkan dengan cara menekan tombol DEL atau F2 saat komputer sedang booting. Dan optimalisasi berikut contoh merupakan konfigurasi dengan menggunakanAWARD-BIOS yang juga tidak terlalu berbeda dengan konfigurasi pada AMI-BIOS. Berikut beberapa point optimalisasi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja komputer:



Setting Untuk Menghemat Waktu Tungu StartUp
Masuklah pada konfigurasi
 Advance BIOS Feature dan atur point-point yang terdapat didalamnya sebagai berikut:

·         Quick Power on Self Test – Enabled.
·         Boot up floppy seek – Disabled Video – BIOS shadow – Enabled.
·         Port IDE yang tidak terpakai – None.
Pengaturan tersebut dapat mempercepat waktu booting dari 119 detik untuk setting default menjadi 41 detik untuk setting konfigurasi ini.

Setting Untuk Mengoptimalkan Piranti
Setting untuk mengoptimalkan piranti terdapat terdapat pada konfigurasi
 Advance Chipset Features. Beberapa point dapat meningkatkan kinerja komputer antara lain:


·         System BIOS Cacheable – Enabled.
·         SD RAM Cycle length – 2 AGP.
·         Aperture Size – 64 MB.
Setting Untuk Menghemat Energi
Konfigurasi berikut dapat menghemat energi listrik yang Anda gunakan. Dengan begitu tagihan rekening listrik pun semakin sedikit.
·         ACPI Suspend Type – S3 Soff OFF – by.
·         Power Button – Delay 4 sec

















Menyambung periferal menggunakan Software
Setting Periferal

a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran
1) Peserta diklat mampu menjelaskan peralatan yang dibutuhkan dalam menyambung/memasang peripheral. 
2) Peserta diklat mampu menjelaskan prosedur pemasangan/ penyambungan peripheral dengan baik dan benar.
 
3) Peserta diklat mampu menjelaskan setting peripheral menggunakan software.
b. Uraian Materi
Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Peripheral tersebut meliputi Printer, Scanner, Modem, Network Card, dan lain sebagainya. Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software. Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkan.
Prosedur umum penyambungan periferal.
Secara umum, cara menyambung periferal baru ke komputer agar dapat dipergunakan adalah sebagai berikut :
1. Mengaktifkan komputer.
2. Menghubungkan kabel koneksi periferal ke komputer melalui port I/O yang sesuai.
3. Menghubungkan periferal dengan sumber tenaga listrik.
4. Menginstall software driver bawaan periferal ke komputer.
5. Periferal siap digunakan.

Periferal selalu disertai software driver yang sesuai dan buku petunjuk(manual) baik petunjuk instalasi maupun petunjuk penggunaan. Biasanya dalam bentuk softcopy dalam CD.
 
Cara Instal Driver Printer
Ada tiga jenis printer yang beredar dipasaran. Dot matrik, Ink Jet, dan Laser Jet. Printer Dot Matrik merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya. Ink Jet menggunakan tinta, sedangkan laser jet menggunakan serbuk laser. Sedangkan jenis konektor printer ada dua macam yaitu melalui konektor Paralel Port dan USB Port. 

Langkah – langkah instalasi printer secara fisik :
Tancapkan kabel printer pada printer dan konektor parallel port male/konektor USB port pada komputer dengan benar.
printerpasang.gif
printerpasangusb.gif
Konektor Paralel untuk Printer
Konektor USB untuk Printer
- Pastikan catridge printer sudah terpasang dengan benar. 
- Hubungkan printer ke jala-jalla listrik
 
- Dan pastikan ada ativitas dalam printer tersebut (catrigde bergerak).
- Sampai langkah ini instalasi peripheral secara fisik sudah selesai
 
- Selanjutnya tinggal instalasi untuk software yaitu pemasangan driver.
Contoh install printer lx 800
Ada beberapa cara untuk menginstall driver printer baik itu menggunakan CD Driver bawaan Printer itu sendiri maupun driver default dari sistem operasi yang digunakan seperti windows.Berikut ini kita coba meng-install driver printer dengan driver yang sudah tersedia pada windows (bukan dari cd driver printer) yaitu driver printer untuk Epson LX-800. 

Pertama-tama klik Start-Printers and Faxs
 
kemudian klik Add Printer
 

Setelah itu perhatikan tanda contreng atau tanda centang pada Local printer attached to this Computer, ini dipilih apabila kita menginstall driver untuk printer yang terpasang langsung (local) pada komputer kita dan bila menginstall driver printer yang berada pada komputer lain dalam jaringan maka berikan tanda centang pada A network printer , or a printer attached to another computer .
 

Pada praktek kita kali ini karena installasi driver lokal maka tidak usah diubah atau tetap pada pilihan Local printer attached to this Computer kemudian klik Next
 
Setelah klik Next maka kita dihadapkan pada pemilihan port yang digunakan untuk printer lokal yaitu LPT1 kemudian klik Next.
 

Pada jendela Install Printer Software, tentukan pilihan Jenis Printer yaitu "EPSON" yang berada pada jendela sebelah kiri dan Nama Printernya adalah "Epson LX-800" yang berada pada jendela sebelah kanan kemudian klik Next.Kemudian pada jendela Name Your Printer ketikan nama printer yang dikehendaki misalnya "Epson LX-800" selanjutnya tekan Next.
 

Langkah berikutnya menentukan apakah printer yang diinstall ini akan digunakan sendiri atau digunakan bersama dalam jaringan. Apabila digunakan sendiri maka pilih Do not share this printer dan apabila printer tersebut nantinya juga digunakan oleh komputer lain dalam jaringan maka harus pilih Share Name dan ketikan nama printer yang nantinya berfungsi untuk nama printer yang dapat dilihat dan di install pada komputer lain dalam jaringan tersebut.
 

Karena pada praktek kali ini tidak untuk printer jaringan maka pilih do not share this printer dan klik next untuk masuk pada jendela Print Test Page.Jika ingin melakukan print test page (printer akan melakukan pencetakan pertama kali secara otomatis) kaka pilih Yes dan jika tidak maka pilih No, setelah itu klik Next dan Finish.
 

Installasi driver printer sudah selesai selamat menggunakan printer untuk mencetak dokumen anda.
Contoh instal printer Canon BJC-2100.
- Setelah CD dimasukan, Windows akan secara otomatis menjalankan file eksekusi dan akan muncul kotak dialog seperti
berikut : 
Gambar 46. Tampilan Awal Instal Printer
- Setelah itu tekan tombol Next , untuk konfirmasi bahwa Anda akan menginstall driver tersebut. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog seperti berikut : 
Gambar 47. Kotak Dialog Instal Printer BJC-2100SP 
- Klik tombol Start , untuk memulai proses instalasi dengan memilih option Printer Driver. 

  Kotak Dialog Proses Instal Printer BJC-2100SP
- Setelah proses peng-copy-an file selesai, akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini. 



Gambar 49. Kotak Dialog Deteksi Port Printer

- Untuk selanjutnya tekan tombol
 Manual Selection untuk memilih port yang akan digunakan. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog seperti berikut ini. 



Kotak Dialog Seleksi Port Secara Manual
- Setelah pemilihan port selesai, tekan tombol Next dan proses instalasi akan selesai dan printer siap digunakan.
2) Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. 
Gambar Scanner
Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII. 
Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi.
 
Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.
Cara kerja Scanner :
Ketika tombol mouse ditekan memulai Scanning, yang terjadi adalah penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor. Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.
Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja. Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru. Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Nah, bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus. Scanner tidak akan bekerja pada sistem operasi apabila tidak ada driver di dalam sistem operasi tersebut. Untuk langkah selanjutnya adalah proses instalasi driver scaner. 

Modem
Modem merupakan salah satu perangkat komputer untuk perantara komputer dengan saluran telphone agar data berhubungan Internet Service Provider (ISP). Modem ada dua macam, yaitu modem internal dan modem external. Modem internal yaitu modem yang pasang di dalam motherboard dalam bentuk kartu. Teknik pemasangannya sama seperti kartu – kartu lain pada umumnya. Sedangkan modem external adalah yang dapat dipasang dan dilepas sewaktu – waktu. Karena pemasangan modem hanya tinggal menancapkan konektor yang telah disediakan seperti USB atau Serial Port. 




Rangkuman 4
1) Setiap pemasangan peripheral baru pada PC, harus dilakukan setting pada BIOS untuk mengaktifkan peripheral tersebut dan menginstalasi driver peripheral tersebut ke sistem komputer.
2) Perlakuan setting dan instalasi driver tergantung pada sistem operasi yang digunakan.
3) Langkah penyetingan dan instalasi setiap peripheral pada umumnya telah diberikan pada buku manual referennya atau file help atau readme pada disket/CD driver yang dibawakannya. 

Tugas 4
1) Amatilah sebuah PC, sebutkan jenis peripheral apa saja yang terpasang !
2) Berkunjunglah ke toko komputer atau pameran komputer, amati, tanyakan, dan catatlah berbagai jenis peripheral yang ada serta apa fungsi dari setiap peripheral itu.
Tes Formatif 4
1) Apa fungsi program driver pada peripheral ? 
2) Bagaimana cara memasang dan menginstalasi modem pada PC.
 
3) Jika suatu printer terpasang pada PC tetapi program drivernya tidak terinstalasi. Apakah printer tersebut sudah dapat dipakai ? Mengapa?
Kunci Jawaban Formatif 4
1) Program driver berfungsi untuk mengemudikan/mengatur jalannya suatu peripheral agar bekerja sesuai dengan fungsinya. 2) Lihat pada uraian materi 4 bagian modem. 
3) Tidak dapat, sebab tidak ada program yang menggerakkannya.
Lembar Kerja 4
Alat dan bahan :
1) PC 1 unit lengkap dengan multi media. 
2) Modem telpon eksternal 1 buah beserta driver dan buku manual reference.
3) Saluran telepon.
 
4) Buku manual reference untuk komponen PC yang sesuai.
 
5) Tools set.
 
Kesehatan dan Keselamatan Kerja
1) Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya. 
2) Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan. 

Langkah Kerja 
1) Siapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini. 
2) Buka, baca, dan pahami buku manual reference untuk instalasi modem. 
3) Instalasilah modem sesuai dengan buku manual reference yang ada. 
4) Hidupkan komputer, setting port I/O pada BIOS yang sesuai dengan sambungan modem yang dipakai.
5) Instal driver modem. 
6) Setting Dial-up Networking (jika memakai sistem operasi windows). 
7) Klik Make Connection, isi telepon number dengan 080989999, country or region code pilih Indonesia.
8) Klik My connection, isi user name dengan telkom@instan , password telkom. 
9) Klik konek, maka komputer akan terhubung dengan internet. 
10)Jalankan internet explorer, pilih salah satu alamat web, misal : http:\\www.telkom.net untuk mengecek hasil instalasi modem. 
11) Laporkan hasil pekerjaan anda pada guru pembimbing (pengajar). 
12)Jika semua telah selesai matikan komputer dengan prosedur yang benar. 

Pemeriksaan Hasil Perakitan PC dan Peripheral
Tujuan Kegiatan Pemelajaran :
Peserta diklat mampu memeriksa komponen dan peripheral yang telah terpasang
Uraian Materi
Setelah semua langkah pemilihan komponen, perakitan, dan pengaturan baik hardware maupun software dari komponen dan peripheral perlu dilakukan pengecekan dari setiap komponen dan peripheral. Fungsi tidaknya komponen atau peripheral tergantung dari pemasangannya.

Hal yang perlu diperiksa dari hasil komponen dan peripheral meluputi:

Kencang tidaknya pemasangan komponen atau peripheral.

Periksa apakah skrup telah terpasang dengan sempurna.

Urutan kabel, urutan kabel dapat di cek terlebih dahulu dengan menyocokan pin no1 pada kabel dengan pin 1 dengan konektor. Untuk model kabel sekarang kemungkinan terbalik sangat kecil.
 

Urutan kaki komponen, dalam hal ini prosesor dan RAM. Dengan melihat manual guide dari setiap komponen kesalahan dalam memasang komponen dapat dihindari. Untuk prosesor dan RAM saat ini kemungkinan salah sangat kecil, karena bentuk fisik yang tidak memungkinkan komponen terpasang salah.
 

Setelah langkah diatas sesuai dengan buku manual dan sesuai dengan langkah langkah sebelumnya. Siapkan untuk menghubungkan sumber daya ke jala jala listrik.
 

Amati saat pertama kali komputer menyala, pastikan tidak ada pesan eror baik berupa tampilan di monitor atau dengan bunyi beep.
 

Jika tidak ada pesan error masuk ke BIOS dengan menekan del atau F2, sesuai dengan BIOS yang digunakan. Masuk dalam menu main untuk mengecek komponen hard disk, CD-ROM, floppy disk, dan RAM. Dengan malihat status dari hard disk atau masuk ke menu hardware monitor untuk melihat status dari prosesor baik tegangan maupun kecepatan dari kipas pendinginnya.
 

Rangkuman
1.    Periksa semua komponen yang baru dirakit, sebelum menghubungkan sumber daya ke jala-jala listrik. Hal ini dapat mengurangi resiko jika terjadi kegagalan perakitan sebuah komponen.
2.    Untuk memeriksa komponen PC dapat dilakukan secara software dan hardware. Untuk hardware dengan mengecek koneksi kabel dan konektor setiap komponen yang terpasang, sedangakan dengan menggunakan software dapat menggunakan BIOS atau device manager dalam Sisitem operasi windows.







{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Perakitan Komputer >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Perakitan Komputer >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Perakitan Komputer >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

// Copyright © Simple Blog //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //